Review Xiaomi Redmi Note 2: Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Xiaomi Redmi Note 2

Sebagai salah satu pabrikan Cina yang menjual hp dengan harga terjangkau, nama Xiaomi mungkin layak dikenal oleh banyak orang. Gadget yang mereka buat memiliki kualitas dan software yang mereka benamkan dalam berbagai perangkatnya merupakan salah satu interface yang terbaik dari Android yang ada. Kombinasi seperti itulah yang membuat mereka pantas bersaing, dan salah satu phablet terbaru yang mereka keluarkan yakni Xiaomi Redmi Note 2.

Dengan harga jual yang terjangkau di angka satu jutaan, Redmi Note 2 kelihatan begitu gahar di atas kertas dengan layar 1080p yang lebar, prosesor berinti delapan yang tangguh, kapasitas RAM 2GB, dan kamera utama 13MP. Untuk mengetahui lebih banyak tentang keunggulannya dan apa kekurangan gadget besutan Xiaomi ini, berikut review Xiaomi Redmi Note 2 selengkapnya.

Desain

Redmi Note 2 hadir dengan body yang lebih besar sebagai sebuah gadget suksesor dari pendahulunya, beberapa hal mungkin telah dirubah dan dikembangkan tak seperti pendahulunya Redmi Note.

Bagi sebagian kamu yang kesulitan dengan hp berlayar lebar, Redmi Note 2 terlihat lebih kecil dengan layar lebih ramping, yang akan membantu kamu lebih nyaman dan tak sadar jika hp yang kamu genggam berlayar lebar. Dengan bobot 160g dan ketebalan 0,32 inci, hp Xiaomi harga terjangkau ini juga lebih ringan dan tipis dari pendahulunya.

Dari segi desain untuk sebuah gadget, Xiaomi Redmi 2 mungkin bukanlah sebuah masterpiece. Desainnya nampak biasa seperti smartphone baru kebanyakan, dengan sudut yang membulat yang terbuat dari plastic. Plastik yang digunakan cukup bagus, terlihat kokoh untuk bagian belakang yang membuat hp ini tidak terasa murahan. Tapi sayangnya, kurang dari dua minggu saja beberapa unit warnanya akan terlihat memudar pada bagian pinggirannya, jadi kemungkinan kamu lebih baik memilih model dengan backcase berwarna putih.

Casing bagian belakang dapat dibuka, yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses dua slot SIM dan memori tambahan microSD yang tersembunyi di bawahnya. Casing belakangnya mudah dicengkram dan tidak licin, tapi dirasa tak menutup sempurna, dimana ada sedikit celah pada bagian sisi.

Berpindah ke bagian depan, Xiaomi Redmi Note 2 memiliki layar dan bagian depan yang dillapisi kaca, dengan sentuhan khas seri Redmi, tombol navigasi yang berwarna merah. Bagian atas, Xiaomi menambahkan IR blaster pada perangkat ini.

Untuk kesan pertama smartphone ini terlihat bagus, hanya untuk bagian sisi casing belakang akan mudah berubah pudah menjadi putih. Memang untuk harga yang dipatok hp ini cukup lumayan.

Layar

Untuk sebagian besar para konsumen, layar LCD 5,5 inci IPS dari Redmi Note 2 ini akan menjadi salah satu daya tarik utama, dan memang kelihatannya Xiaomi tahu betul akan daya pikat ini dengan memberikan kualitas yang baik.

Tak seperti pendahulunya yang hanya memiliki layar 720p, Redmi Note 2 dibekali dengan layar yang lebih tajam dengan resolusi 1080x1920 dan kerapatan 401ppi. Kualitas gambar yang dihasilkan perangkat ini akan ampak agak sedikit kebiru-biruan dari yang semestinya, kontras yang lebih, tapi tetap enak dilihat.

Redmi Note 2 juga memiliki tingkat kecerahan yang lumayan bagus, cocok digunakan sebagai perangkat yang bisa digunakan untuk sebelum tidur. Layarnya juga cukup terlihat jelas saat berada di luar ruangan, bahkan bisa terlihat dengan baik meski terpapar sinar matahari secara langsung.

Tatap muka dan fungsionalitas

Dari segi software yang dibenamkan pada Redmi Note 2, Xiaomi nampaknya telah mengemas perangkat mereka dengan lumayan baik untuk memanjakan para konsumennya.

Bagi yang mengharapkan OS Android terbaru pada Redmi Note 2 ini, nampaknya harus sedikit gigit jari. Redmi Note 2 ini hadir masih dengan MIUI 6 dan nampaknya mendapatkan update MIUI 7. Selain itu, smartphone ini juga tidak hadir dengan balutan aplikasi Google, termasuk Play Store. Jadi, kamu harus mengistallnya sendiri. Meski banyak bloatware tapi tenang saja, kebanyakan aplikasi bawaan yang tidak kamu butuhkan bisa di uninstall karena tidak dilindungi system.

Seperti yang telah disinggung di atas tadi jika Redmi Note 2 hadir dengan MIUI 6 atau dengan kata lain gadget ini berjalan dengan OS Android 5.0, selain itu juga Xiaomi telah menanamkan beberapa software yang sangat berguna untuk menunjang berbagai fitur hp ini.

sebagai contohnya, layar pemberitahuan yang hamper kita lihat setiap saat dapat ditampilkan hanya dengan melakukan swipe ke bawah pada bagian layar manapun. Dikombinasikan dengan salah satu mode unggulan Xiaomi yakni fitur one-handed mode yang bisa diaktifkan dengan mudah hanya dengan melakukan swipe melalui tombol navigasi capacitive yang terletak di bagian bawah. Fitur flashlight juga dapat diaktifkan dengan cara menekan tombol Home beberapa saat ketika dalam keadaan hp terkunci.

Fitur yang serupa dengan Apple Spotlight untuk menampilkan search bar bisa dilakukan dengan cara melakukan swipe pendek ke atas pada homescreen, dan aplikasi yang diberi anchor tidak akan dimatikan meski kamu melakukan dismiss pada recent apps.

MIUI juga hadir dengan set security yang lengkap guna membantu penggunanya untuk membersihkan temporary file yang tak terpakai, menagtur penggunaan data, mem-block panggilan, mengatur izin aplikasi, atau bahkan melakukan scan virus. Selain itu pilihan tema yang dimiliki lumayan banyak, jadi kamu bisa menggantinya jika bosan dengan tampilannya, quick toggle yang bisa dikostumisasi, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kata lain, MIUI bisa dibilang salah satu interface terbaik dan mudah digunakan yang ada di Android.

Dapur pacu dan penyimpanan

Salah satu daya tarik terpenting yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 2 selain layar lebarnya adalah sebuah prosesor octa-core berarsitektur 64bit MediaTek Helio X10 processor atau MT6795T, dengan dua cluster dari empat inti 2,2GHz Cortex-A53 yang bekerja bersamaan. Untuk GPU, smartphone ini dibekali PowerVR G6200 700MHz yang dibantu dengan RAM LPDDR3 sebesar 2GB.

Memang dengan spesifikasi di atas, hp ini bukanlah perpaduan gadget kelas atas tapi tentunya akan cukup gahar dengan bandrol harga satu jutaan. Meski bukan kelas atas, hp ini bekerja dengan cukup baik, navigasi yang halus tanpa lag, membuka aplikasi dengan cepat, dan mampu memainkan game HD berat seperti Asphalt 8 dengan cukup lancar.

Beralih ke bagian penyimpanan, Xiaomi Redmi Note 2 memiliki dua versi berbeda yakni dengan 16GB internal dan 32GB internal. Terlepas dari manapun yang kamu pilih, jika masih kurang dengan kapasitas penyimpanan internalnya kamu dapat menambahkan MicroSD untuk memperbesar kapasitasnya.

Konektivitas dan internet

Untuk konektivitas, Redmi Note 2 dibekali dengan kemampuan 4G FDD LTE untuk internet berkecepatan super, dua slot micro SIM, fitur Bluetooth 4.0, 5GHz Wi-Fi, dan juga IR blaster (Infra Red) sebagai pengontrol berbagai perangkat elektronik dirumah (seperti TV atau AC).

Kamera

Kamera besutan Samsung dengan resolusi 13MP ditanamkan pada Redmi Note 2, dilengkapi dengan lensa autofocus dan phase detection f/2,2. Kamera tersebut mampu merekam video 1080p dengan 30 fps dan slow-motion dengan 120 fps, tapi tak ada mode 4K Ultra HD. Pindah ke bagian depan, Redmi Note 2 memiliki kamera selfie besutan OmniVision sebesar 5MP dengan lensa f/2,2 yang mampu merekam video berkualitas 1080p.

Daya tahan baterai

After a decent showing so far, the last major test of the Redmi Note 2 is battery life.

Dibekali dengan kapasitas baterai yang mumpuni 3.060 mAh, phablet ini tentu akan memberikan performa baterai yang lumayan memuaskan untuk penggunaan sehari-hari, semisal menelpon, berkirim pesan, memutar video, dan lain sebagainya. Dari berbagai tes, Xiaomi Redmi Note 2 ini mampu bertaha cukup memuaskan dengan durasi 7 hingga 8 jam penggunaan.

Jika dilihat dari pola penggunaan dan kebiasaan yang berbeda-beda dari setiap penggunanya, gadget ini kemungkinan akan mampu bertahan seharian penggunaan intense atau dua hari penggunaan biasa.

Ketika baterai telah terkuras, kamu hanya akan memerlukan waktu sekitar dua jam untuk membuat baterai penuh seperti semula. Bukan sebuah performa charging yang mengesankan memang, tapi untuk kelas hp cina, ini lumayan bagus.

Kesimpulan dan Harga Xiaomi Redmi Note 2

Dengan harga Xiaomi Redmi Note 2 yang terjangkau, gadget ini merupakan salah satu phablet yang tangguh. Untuk harga sekitaran tersebut, kamu juga memiliki opsi lain semisal Meizu m2 Note dengan layar 5,5 inci yang memiliki spesifikasi hamper serupa tapi hadir dengan kamera dan kapasitas baterai yang lebih bagus.

Bagaimanapun juga sebagai sebuah hp suksesor, Redmi Note 2 memang layak dengan harga yang ditawarkan dan spesifikasi yang dimilikinya. Jika kamu sudah pernah dan terbiasa menggunakan Redmi Note, smartphone ini akan jadi pilihan yang tepat dengan performa yang lebih baik. Jadi, jika kamu memiliki dana yang cukup terbatas dan ingin sebuah phablet berukuran lebar dengan MIUI di dalamnya, Note 2 akan sangat tepat, tapi jika memiliki dana lebih Meizu m2 Note akan lebih layak.

Xiaomi Redmi Note 2 (16GB) 1,5 jutaan
Xiaomi Redmi Note 2 (32 GB) 1,8 jutaan
KELEBIHANKEKURANGAN
Layar lebar 5,5 dengan body idealCasing bagian belakang agak terasa ringkih
Memiliki IR (Infra Red) Aplikasi bawaan sebagian besar berbahasa Cina
Kapasitas baterai besar
Mendukung SIM ganda (dual SIM)
Mendukung MicroSD tambahan

No comments:

Post a Comment