Review Kekurangan, Kelebihan, dan Harga Xiaomi Redmi 3

Tak mengejutkan memang jika Xiaomi telah berhasil mengambil alih pangsa smartphone di berbagai Negara, tak terkecuali Indonesia. Terlebih, perusahaan ini tetap dengan konsisten merilis berbagai smartphone berkualitas di kisaran harga yang lumayan terjangkau, seperti salah satunya Xiaomi Redmi 3.

Meski begitu, bukan berarti kalau smartphone dengan harga terjangkau tersebut tak memiliki celah sedikitpun. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa review tentang kelebihan dan juga kekurangan Xiaomi Redmi 3. Jadi, seperti apa kekurangan dan kelebihannya, mari kita cari tahu bersama-sama sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

  • Daya Tahan Baterai Bagus
  • Semakin hari nampaknya daya tahan baterai menjadi factor yang menentukan untuk para pembeli yang tidak ingin kerepotan dengan bolak-balik men-charge baterai gadgetnya. Xiaomi nampaknya paham betul dengan kebutuhan konsumen yang satu ini, mereka memberikan baterai dengan kapasitas dua kali lipat dibandingkan dengan pendahulu Redmi 3 dulu.

    Dengan kata lain, Xiaomi Redmi 3 ini hadir dengan baterai bertenaga 4100 mAh, dimana pendahulunya dulu, Xiaomi Redmi 2 hanya memiliki kapasitas baterai 2200 mAh.

    Memang tak ada angka resmi untuk berapa lama daya tahan baterai ini sanggup bertahan untuk penggunaan sehari-hari ataupun untuk berselancar di dunia maya, tapi jika melihat Redmi 2 yang secara umum bisa bertahan selama seharian, Redmi 3 seharusnya akan memberikan lebih dari itu. Bukan fitur yang terlalu besar dari smartphone ini memang, tapi setidaknya inilah yang menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 3.

  • Desain Ramping Menawan
  • Berseberangan dengan pendapat umum kebanyakan, bisa saja memiliki kapasitas baterai besar namun dengan tetap membuat desain smartphone terlihat ramping. Konsep seperti itu telah dibuktikan oleh Xiaomi Redmi 3 yang sebenarnya merupakan model yang lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya.

    Secara spesifik, Redmi 2 memiliki model body dengan ketebalan 0,37 inci, sementara seri terbaru Redmi 3 memiliki model yang lebih ramping dengan hanya memiliki ketebalan 0,33 inci. Meski untuk berat, yang terbaru hadir dengan bobot lebih yakni sekitar 5,08 ons.

  • Layar Lebar
  • Tak dipungkiri jika banyak orang yang menyukai phablet, entah itu sekedar untuk browsing, menonton video, ataupun untuk berkirim e-mail, dan lain sebagainya. Kita memang tak bisa menolak jika smartphone dengan layar 5,5 inci akan lebih baik untuk para pengguna gadget aktif. Meski begitu, kita juga tak bisa memungkiri jika smartphone dengan layar 5 inci memberikan pengalaman terbaik antara body ergonomis yang enak digenggam dan fungsionalitas yang sama seperti halnya phablet.

    Tentu aka nada banyak orang yang berpendapat jika 5 inci akan terlalu besar ataupun terlalu kecil untuk kebutuhan harian mereka. Secara personal, kami yakin ini akan jadi keunggulan dari kedua hal tadi, yakni tak terlalu besar untuk dibawa kemana-mana ataupun terlalu kecil untuk menikmati hiburan dan mengetik teks.

  • Dapur Pacu Delapan Inti Tangguh
  • Cukup jelas bahwa Xiaomi Redmi 3 hadir dengan lebih dari sekedar minor improvement dari generasi sebelumnya. Disamping memberiikkan kapasitas baterai yang lebih besar, Redmi 3 juga hadir dengan prosesor delapan inti tangguh Snapdragon 616 octa-core yang terintegrasi dengan dua sub-prosesor, satu quad-core yang bekerja di clock 1,5 GHz untuk menangani kerja berat dan quad-core lain 1,2 GHz untuk kerja yang lebih ringan.

    Untuk mendampingi kinerja CPU agar lebih efisien, Xiaomi membenamkan RAM 2GB pada perangkat ini. Ruang penyimpanan juga mendapatkan peningkatan, dimana tersedia dua model 8GB dan 16 GB. Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi Redmi 3 cukup mumpuni untuk smartphone kelas menengah dengan harga yang sangat masuk akal.

  • Kualitas Kamera Mumpuni
  • Setiap orang pasti tahu jika tak mudah untuk memilih smartphone murah dengan kualitas kamera yang bagus. Kebanyakan smartphone harga terjangkau hanya dibekali dengan kamera utama 8MP. Meski begitu, salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 3 dengan harga terjangkau ini memang benar-benar hadir dari kemampuan kameranya.

    Generasi ketiga dari hp Redmi ini hadir dengan kamera utama 13MP dikombinasikan dengan 5MP dual tone flash kamera depan. Tentu dengan spesifikasi seperti itu, smartphone ini bisa dijadikan sebagai pengganti kamera saku atau paling tidak Redmi 3 bisa untuk selfie atau group shot.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3

  • Layar HD Bukannya full HD
  • Dengan layar 5,0 inci, tentunya para pengguna mengharapkan untuk bisa melihat hiburan dengan kualitas full HD. Memang secara kasat mata akan sulit untuk membedakan jika hanya digunakan untuk penggunaan sehari-hari semisal sekedar panggilan atau pesan. Tapi mungkin Xiaomi sengaja tak membekali layar full HD agar baterai dapat bertahan lebih lama.

  • Dual SIM Atau slot MicroSD tambahan
  • Hal yang belum banyak orang ketahui yakni meski Xiomi Redmi 3 mendukung dual SIM, tapi fitur tersebut harus dibayar dengan tak adanya slot MicroSD tambahan. Jadi, kamu harus menentukan pilihan mana yang lebh penting untukmu, slot MicroSD tambahan atau SIM ganda dalam satu hp.

    Di beberapa negara maju mungkin kebutuhan akan dual SIM tidak akan terlalu diperlukan mengingat jangkauan jaringan sudah cukup baik. Tapi untuk beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia, jaringan provider mungkin tidak tercover dengan baik dibeberapa daerah atau tempat sehingga mengharuskan untuk memiliki SIM tambahan, ataupun hanya sekedar ingin mengatur pengeluaran dengan menggunakan paket data dan telepon yang tepat dari kedua kartu SIM.

  • Tidak Memiliki Pemindai Sidik Jari
  • Saat ini, kebanyakan hp terbaru hadir dengan fitur pemindai sidik jari atau fingerprint scanner, cukup mengejutkan memang jika Xiaomi Redmi 3 ini tidak dibekali fitur tersebut. Sementara saudaranya Redmi Note 3 dibekali dengan fitur fingerprint scanner.

    Nihilnya fitur tersebut mungkin salah satu kekurangan terbesar dari Xiaomi Redmi 3 sebagai sebuah model baru. Fingerprint scanner sendiri memberikan cara berinteraksi yang lebih aman dengan smartphone dan banyak orang telah menjadikan hal ini menjadi cara standar untuk membuka hp yang terkunci agar lebih aman dari cara-cara biasa seperti sliding.

  • Masih Menggunakan Android 5.1 Lollipop
  • Walaupun Android 6.0 sudah cukup lama dirilis ke pasaran hingga saat ini, tapi kebanyakan para produsen masih memilih untuk merilis hp dan tablet dengan versi sebelumnya yang lebih populer. Tak terkecuali dengan Xiaomi Redmi 3 juga hadir dengan Android 5.1 Lollipop sebagai system operasinya.

    Tapi untungnya, ini bukanlah kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang perlu diperhatikan mengingat UI yang digunakan pada perangkat ini, MIUI 7 cukup bagus dan membuat penggunanya tak terlalu memikirkan jika gadget ini tak berjalan di Android 6.0.

Harga Xiaomi Redmi 3 Februari 2017

Harga Xiaomi Redmi 3 Baru 1,3 jutaan
Harga Xiaomi Redmi 3 Bekas1 jutaan

No comments:

Post a Comment