Review Sony Xperia XZ: Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Review Sony Xperia XZ - Sony kembali menampakkan smartphone flagship terbaru mereka. Gadget baru yang bernama Xperia XZ, smartphone ini merupakan perpaduan antara warisan seri Xperia Z dan seri Xperia X, dengan desain yang nampak lebih segar serta spesifikasi yang up to date. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang kegaharan spesifikasinya dan bahan dari casingnya!

Desain

Dengan ukuran dimensi 146 x 72 x 8.1 mm, Xperia XZ memiliki berat 161 g. Gadget ini menawarkan bahasa Unified Desain baru berbentuk kalem, dimana bentuk body sangat cocok dengan warna tatap muka yang dimiliki. Smartphone ini juga memiliki lapisan tipis tambahan pada permukaan, sementara body smartphone terbuat dari leburan aluminium khusus yang disebut Alkaleido.

Dimana bahan ini dapat menghasilkan tampilan yang lebih baik, terang, dan terlihat lebih cerah. Smartphone Xperia XZ telah bersertifikat IP68 dan memiliki port USB tipe C dengan kecepatan USB 2.0. Forest Blue menjadi warna ciri khas gadget ini, tetapi smartphone ini juga hadir dengan dua pilihan warna lain yakni Mineral Black dan Platinum.

Tampilan Display

Sony melengkapi smartphone unggulan mereka yang baru dengan 5.2-inch, resolusi 1080p dengan layar LCD yang dilindungi oleh Gorilla Glass 4. Ini adalah konfigurasi yang biasa untuk smartphone Sony kelas high-end. Kebanyakan mereka menghindari resolusi Quad-HD demi mendukung resolusi 1080p yang dapat diterima secara universal.

Selain dari segi hardware, tampilan gadget terbaru ini juga ditingkatkan oleh teknologi perangkat lunak seperti Triluminos dan X-reality untuk memaksimalkan warna dan kecerahan yang membuat smartphone ini mampu menyajikan tampilan warna yang lebih ‘nendang’.

Hardware

Sony Xperia XZ memiliki dapur pacu chipset universal Qualcomm Snapdragon 820 yang memiliki prosesor quad-core, dengan dukungan clocked hingga 2,15 GHz dan GPU tangguh Adreno 530 dengan Clock hingga 624 MHz. Ini adalah salah satu chip tercepat yang ada untuk saat ini, meskipun Qualcomm sudah mulai mengambil langkah dalam pemasaran suksesornya, Snapdragon 821.

Sepertinya Snapdragon generasi terbaru tidak bisa didapatkan oleh Xperia XZ mengingat waktu peluncurannya yang lebih awal. Meski demikian, para pengguna tetap tak akan kehilangan inovasi atau kecepatan yang memukau, mengingat 820 Snapdragon sepenuhnya dirancang oleh Qualcomm dan masih memegang performa terbaiknya untuk lini smartphone saat ini.

Smartphone Sony terbaru ini didukung dengan Baterai 2900mAh. Selain itu, system gadget ini didukung untuk mampu melakukan pengisian cepat atau Quick Charge dan teknologi daya tahan baterai atau battery preservation tech yang mendeteksi dan mengatur smartphone berhenti ketika pengisian 90% dan menyelesaikan sisanya dengan pengisian lebih lambat untuk mencegah kerusakan baterai cell.

Kamera

Sony telah memutuskan untuk menampilkan divisi kamera terbaik untuk disematkan pada Xperia XZ, dimana smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama atau belakang 23MP serta didukung oleh sensor custom imaging Sony IMX300. Kamera tersebut memiliki aperture f/2.0 dan fitur laser autofocus, PDAF, dan sensor warna RGBC-IR.

Tak hanya itu, kamera ini juga menawarkan 5-axis perangkat lunak untuk stabilisasi. Di bagian depan, ada kamera berkemampuan13MP dengan sensor 1/3-inci yang lebih besar jika dibandingkan dengan depan kamera depan yang ada pada kebanyakan smartphone sehingga mampu memaksimalkan para pengguna yang gemar berselfie ria.

Harga dan Kesimpulan

Harga Sony Xperia XZ - Terus terang, kami bingung dengan harga Sony Xperia XZ yang dijual begitu fantastis pada kisaran $700 di Amerika Serikat atau setara dengan kisaran harga 8-9 jutaan. Kami mengharapkan harga ini akan segera turun dalam beberapa bulan mendatang untuk berbagai negara, utamanya Indonesia.

Namun sekarang, kelihatannya smartphone terbaru ini kurang kompetitif jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7 yang bisa kamu dapatkan dengan harga lebih murah $100 atau setara 7-8 jutaan. Selain itu, Galaxy S7 Egde juga tersedia di sekitar harga yang sama, dan iPhone 7 yang banyak diminati oleh banyak kalangan hanya dipatok kurang dari $50 dari pada Xperia XZ.

Xperia XZ memiliki beberapa hal yang menjadikannya layak untuk menjadi pilihan gadget baru kamu. Smartphone ini memiliki tampilan apik dan desain yang terlihat bersih, dapat digunakan dengan baik meski terpapar air dengan fitur water-proof, serta dual-firing speaker yang berada di depan benar-benar membuat suara terdengar lebih nendang.

Namun, disisi lain, ada beberapa celah kekurangan pada gadget terbaru ini, terlebih persaingan smartphone untuk lini flagship yang semakin ketat akan membuatnya lebih keras untuk memikat konsumen. Beberapa celah kekurangannya antara lain tampilan layarnya sedikit kebiruan dan kurang begitu baik dalam menampilkan warna, internal yang minim dengan hanya 20GB ruang penyimpanan yang tersedia, respon kamera sedikit lambat, beberapa seri bahkan ada yang dipasarkan tanpa quick charging bahkan tanpa scanner sidik jari. Apapun pilihan anda untuk update smarphone terbaru, pastikan tentukan dengan bijak.

    KELEBIHAN
  • Desain stylish dengan tampilan apik serta warna yang khas
  • Tahan air
  • Speaker depan ganda
  • Memiliki slot tambahan untuk storage
  • Layar lebar dengan ukuran 5,2 inch
  • RAM yang besar dengan kapasitas 3GB RAM
    KEKURANGAN
  • Tatap muka kamera kurang intuitif
  • Beberapa seri dipasarkan tanpa pemindai sidik jari
  • Display kurang dapat menampilkan warna dengan baik dan terlihat kebiruan
  • Masih menggunakan Android 6 bawaan sementara Android 7 telah beredar di pasaran

No comments:

Post a Comment