10 Tips Android Keren Untuk Pengguna Android 5.0 Lollipop

Tips Android Lollipop - Bagi orang awam sangat mudah memang terkecoh dengan tampilan OS besutan Google, Android 5.0, yang nampak minimalis dan sederhana. Namun lebih dari sekedar tampilan yang simple, Google menyuguhkan berbagai hal baru di OS Lollipop besutan mereka, semisal berbagai peningkatan tatap muka, locksreen degan notifikasi, dan berbagai fitur lainnya, sehingga bagi sebagian pengguna yang telah lama menggunakan Android akan sedikit merasa asing.

Pada kesempatan kali ini, GilaGadget akan membahas beberapa tips Android 5.0 yang akan sangat membantu kalian dengan berbagai fitur barunya dan menemukan berbagai shortcut baru yang kalian inginkan, entah itu untuk membuat silent smartphone kalian dengan cepat ataupun menghubungkan dengan jutaan konten ke HD TV melalui chromecast.

Mengakses quick settings dengan cepat

Kalian mungkin akan sedikit risih dengan satu kali swipe untuk menurunkan notif bar dan dua kali swipe untuk menuju ke quick settings. Tips android pertama, jika kalian ingin langsung menuju ke quick settings tanpa harus melewati notif bar terlebih dahulu atau dua kali swipe maka caranya cukup simple yakni dengan melakukan swipe dengan menggunakan dua jari sekaligus.

Membuat perangkat dalam mode silent

Salah satu fitur yang hilang dari Android 5.0 adalah membuat perangkatmu menjadi mode silent hanya dengan menekan tombol volume down dengan cepat. Pada Lollipop, jika kalian menekan tombol volume down, gadget kalian tidak akan masuk dalam silent mode namun hanya mengurangi volumenya ke paling bawah dan hanya bisa menekan ikon bell yang akan membuat perangkat dalam mode getar.

Tips android selanjutnya terkait agar Kalian dapat membuatnya benar-benar silent, yakni dengan menekan tombol volume dan tap None, tapi itu artinya kalian tak akan mendapatkan pemberitahuan apapun sama sekali. Untuk mengatur agar notif tetap tampil untuk aplikasi tertentu, kalian bisa pergi ke Setting Sound and notification App notifications. Kalian dapat mengaturnya menjadi None atau Priority untuk waktu yang tak tentu atau dengan mengatur waktunya secara spesifik pada saat tertentu, yang sangat berguna saat meeting atau rapat.

Mengatur notifikasi

Seperti yang telah dibahas di pada point tips android ketiga bagaian Priority. Selain dengan mengatur Priority pada Setting Sound and notification App notifications, kalian juga dapat melakukannya dengan cara lain yakni dengan tap dan tahan pada notifikasi yang ada di notif bar, dan setelah ikon “i” pada bagian kanan muncul. Langkah ini juga bisa diterapkan pada notifikasi yang muncul di layar locksrceen.

Membuat profiles

Kemampuan dalam membuat profile dan mengaturnya untuk mendapat akses tertentu merupakan fitur yang sangat berguna terutama untuk perangkat bersama atau saat dipinjam. Untuk memulai tips android ini, kalian hanya tinggal menarik notif bar kebawah dan tap ikon gambar profil pada bagian pojok kanan atas.

Secara default aka nada Guest profile yang akan sangat berguna jika kalian akan meminjamkan hp kalian pada orang lain dan tetap ingin menjaga privasi kalian. Untuk pengaturan lebih lanjut kalian bisa membuat profilr baru dengan Add user. Jika kalian ingin profile kalian tidak dapat diakses oleh orang lain, pastikan untuk melakukan set kunci semisal lock pattern, nomor PIN, atau password.

Melakukan pin aplikasi pada layar

Jika guest profile tidak cukup untuk melindungi privasi kamu ketika kamu meminjamkan hp kalian pada orang lain, kalau begitu fitur pin aplikasi pada layar akan mengatasi semua itu. Tips android 5.0 ini akan menghentikan teman kamu yang kepo atau anak-anak yang ingin mebuka-buka aplikasi.

Untuk mengaktifkannya pergi ke Settings Security dan gulir terus ke bawah untuk menemukan Screen pinning dan aktifkan. Setelah itu tap Overview atau tombol recent apps dan kalian akan melihat pin hijau pada bagian kanan atau bawah bawah dari setiap aplikasi. Tap pada tanda pin aplikasi yang diinginkan.

Dengan menggunakan pin aplikasi, maka pengguna lain tak akan bisa mengganti apliaksi yang aktif dan akan tetap pada aplikasi tersebut, kecuali kamu tap tombol Back dan Overview atau recent apps secara bersamaan. Untuk lebih aman kamu juga dapat menambahkan men-set pattern, PIN, atau password untuk meng-unpin aplikasi aktif tersebut.

Mengakses berbagai fitur dengan cepat

Ada banyak sekali jalan pintas atau shortcut yang disematkan pada Android 5.0 jika kalian kebetulan sedang tergesa-gesa. Pada layar lock screen, kalian bisa tap dan swipe ke atas untuk mebuka kunci, tapi kalian juga bisa swipe ke kanan yang akan membawa kalian ke layar aplikasi atau swipe ke kanan untuk membuka kamera. Jangan takut untuk memeriksa masing-masing pilihan untuk menemukan yang kamu inginkan pada Settings, hanya dengan tap pada ikon kaca pembesar di kanan atas layar dan ketikkan kunci yang ingin dicari.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan Google Now untuk menemukan berbagai hal dan membuka aplikasi dengan cepat. Hanya dengan tap dan drag tombol Home ke atas ke symbol Googe, lalu katakan “Ok Google”, setelah itu “Launch Chrome” maka Chrome akan terbuka tanpa harus membuka drawer aplikasi.

Menghemat penggunaan baterai

Kalian bisa melihat langsung semua penggunaan pada baterai dengan pergi ke Settings Baterry atau pergi ke Settings Power management Battery usage, berita baiknya, saat ini terdapat menu tambahan di Android 5.0 ini berupa pilihan Battery saver. Tips android ini dilakuakan dengan cara menuju pada layar penggunaan baterai, tap tiga titik vertikal (tegak) pada bagian kanan atas dan pilih Battery saver tap untuk menghidupkan.

Kalian juga dapat mengaturnya secara otomatis pada saat baterai menacapai 5% atau 15% kalua mau. Fitur ini akan menghentikan getaran, membatas performa, dan memutus sambungan background data. Itu artinya kalian mungkin akan perlu membuka aplikasi agar tersinkron seperti seperti email. Selain itu, fitur tersebut juga akan mematikan hp kalian secara otomatis ketika kalian mencolokkan kabel charger.

Menampilkan layarmu pada perangkat media lain

Tak mengherankan, Google memang telah menanamkan dukungan pada Chromecast secara langsung di Android 5.0. Itu artinya kalian tak lagi harus repot dengan berbagai aplikasi Chromecast yang sedikit merepotkan. Hanya dengan menarik turun notifikasi bar dengan dua jari sekaligus dan tap ikon Cast untuk menampilkan layarmu smartphonemu pada layar TV yang lebih lebar menggunakan Chromecastmu.

Menggunakan Smart Lock

Tips android ini bisa jadi sebuah cara yang tepat untuk menghemat waktu jika kalian menggunakan kode PIN, Password, atau Pattern Lock. Kalian bisa mengakses fitur Smart Lock pada Settings Security. Pengunci jenis ini dapat digunakan secara otomatis untuk membuka kembali perangkatmu di tempat tertentu atau saat perangkat Bluetooth atau NFC tertentu terkoneksi.

Jika kalian sudah menghubungkan smartphone dengan perangkat Bluetooth lain seperti Bluetooth system pada mobil ataupun smartwatch, maka kalian bisa mengaturnya menjadi perangkat yang dipercayai atau Trusted device dan dengan cara ini hp kalian akan secara otomatis tetap terbuka untuk perangkat tersebut. Selain itu, kalian juga bisa mengatur lokasi tertentu, semisal di rumah, sebagai tempat yang dipercayai atau Trusted place, jadi hp kalian akan tetap berada dalam posisi unlock saat berada disana.

Membuka Lollipop Easter Egg

Google selalu menyertakan Easter Egg yang dapat dibuka pada setiap Android versi terbarunya, tak terkecuali dengan Lollipop. Tips android terakhir untuk membuka fitur ini

  • Masuk ke Settings About phone/tablet (Tentang)
  • Tap gambar Lollipop dan tahan terus hingga game dengan karakter maskot ikonik Android muncul
Sebenarnya gameplay dari permainan ini sama saja dengan game legend “Flappy Bird”.

No comments:

Post a Comment