Review Meizu MX6: Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Sekilas Tentang Meizu MX6

Review Meizu MX6 - Meizu merupakan salah satu brand gadget yang mungkin hanya diketahui oleh para penggila gadget utamanya smartphone (mungkin termasuk kalian yang membaca artikel ini). Kamu pasti sudah menebak jika gadget ini berasal dari Cina? Yup, memang benar. Meizu sendiri memang saingan ketat salah satu vendor yang terkenal lebih dulu Xiaomi. Ketenaranan brand mereka sudah jelas terletak pada harga ekonomis yang ditawarkan.

Kali ini kita akan sedikit mengorek tentang Meizu MX6, salah satu seri MX yang digunakan untuk lini gadget flagship Meizu dan nampaknya kini telah digantikan oleh lini keluarga Pro. Namun, MX6 nampaknya masih berjuang untuk menjadi gadget genggam yang agresif dan tangguh dengan harga yang kompetitif.

    Apa saja yang akan pengguna dalam box:
  • 1 Unit Meizu MX6
  • Wall charger
  • Kabel USB tipe-C
  • Booklet panduan cepat dan alat bantu mengeluarkan SIM

Cukup jelas memang hingga saat ini Meizu tak takut untuk mengadopsi desain lengkungan dari Apple iPhone, tapi ini cukup wajar jika kita melihat upaya vendor ini untuk menambahkan beberapa karakteristiknya sebagai campuran desain yang ada pada Meizu. Selama beberapa tahun, seri MX telah cukup dikenal dengan body tipisnya dan sudut membulatnya.

Seperti Meizu Pro 6, yang telah dirilis awal 2016 lalu, gadget ini terbuat dari bahan metal dan pila strip garis plastik pada bagian belakang sedikit digeser ke atas dan bawah menjadikannya nampak lebih stylish. Terlihat indah, keren dan kokoh ketika didenggam serta akan terasa sedikit lebih ringan jika dibandingkan dengan bodinya. Tombolnya dibuat tenggelam atau tak menonjol layaknya gadget mainstream masa kini.

Tombol home muncul kembali dan sepeti biasanya tak ada tombol navigasi pada sisi-sisinya. Berbentuk seperti elip, tombol home memiliki tiga keguanaan yakni pemindai sidik jari, tombol kembali jika di tap, dan tombol menu utama jika ditekan terus. Pendekatan unik semacam ini memungkinkan Meizu untuk tetap mempertahankan desain minimalisnya.

Pada bagian belakang, gadget ini memiliki kamera mumpuni, bersebelahan dengan lampu flash LED two-tone. Saat ini, kamera dengan sedikit tonjolan memang hal yang sangat lumrah, jadi tak banyak yang akan keberatan dengan bentuk kameranya.

Tampilan Layar

Meizu MX6 menggunakan layar 5.5 inch dengan resolusi 1080x1920 pixel. Dengan kalkulasi sederhana, gadget genggam ini memiliki kerapatan piksel 401 ppi, sebuah kerapatan yang cukup untuk menampilkan gambar yang tajam. Untuk tampilan layarnya sendiri, gadget ini memberikan kesah gambar sejuk.

Tatap Muka

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gadget ini tidak hadir dengan framework bawaan Google. Namun jangan khawatir, meski begitu gadget ini dapat dipasangi aplikasi Google Installer yang tidak membutuhkan root sama sekali.

Pada MX6, kita mempunyai tampilan tatap muka khas Meizu, Flyme 5, yang merupakan tampilan tatap muka milik brand ini untuk Android Marshmallow. Tampilan yang sangat berbeda seolah-olah memberi kulit baru pada tampilan OS Google dan memang banyak mendapat inspirasi dari iOS, menu setting yang dapat terlihat ataupun tema yang khas akan kesederhanaan dan minimalis.

Prosesor dan Memori

MX6 ditenagai dengan MediaTek Helio X20, prosesor dengan prosesor berinti sepuluh, yang kesemua intinya terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagian digunakan sesuai dengan kebutuhan dan suplai tenaga yang ada, guna memaksimalkan perpaduan antara kemampuan mumpuni dan efisiensi energi. Gadget ini memiliki kapasitas RAM 4GB dan memori internal 32GB. Untuk system sendiri, perangkat ini telah menggunakan memori internal sebanyak 4GB dan sayangnya tak ada slot memori tambahan untuk microSD, yang mau tidak mau pengguna harus puas dengan kapasitas 28GB yang tersisa.

Untuk performanya cukup memuaskan, MX6 stabil, konsisten, dan pada dasarnya cukup yakin dengan kapasitas hardwarenya. Berbagai game berat seperti game HD juga mampu dilibas dengan baik dan mampu menampilkan berbagai jenis web dengan cepat dan handal layaknya gadget flagship mainstream, dan yang paling penting semua itu mampu dilakukan tanpa panas berlebih yang ditimbulkan.

Konektivitas dan Internet

Browser bawaan Meizu yang juga peramban default perangkat ini cukup responsive dan multifungsi. Jika kamu bukan merupakan pemakai setia Chrome, browser yang dimiliki gadget ini cukup mampu melakukan tugasnya dengan baik, mulus, dan tentunya dengan berbagai fitur bawaan browser yang sangat berguna semisal night mode, reader mode, dan push notificationnya.

Gadget ini telah mendukung LTE atau 4G, yang secara otomatis juga akan mendukung berbagai jaringan sebelumnya yakni 3G dan 2G. MX6 juga memiliki dukungan konektivitas lainnya, semisal NFC, Bluetooth 4.1, dan Wi-Fi.

Kamera dan Kualitas Jepretan

Untuk kamera utama, MX6 dibekali dengan kamera 12MP yang memiliki sensor cukup besar 1.25 μm pixels dengan aperture lensa F2.0. Kamera ini dibantu dengan sistem pendeteksi autofocus dan LED flash ganda. Jadi di atas kertas, memang gadget ini mampu memberikan hasil memuaskan pada cahaya minim, menawarkan kedalaman efek bokeh, dan fokus yang cepat.

Bagi penyuka selfie, dukungan kamera 5MP pada bagian depan akan cukup memuaskan dengan kemampuannya yang baik. Dengan ketajaman gambar yang lebih, membuatnya hasilnya lebih terlihat bagus. Selain itu, gadget ini juga memiliki beautify mode bawaan, yang dapat memperlebar bentuk mata, meruncingkan dagu, meperlembut dan mencerahkan warna kulit.

Hiburan dan Multimedia

Speaker yang dimiliki MX6 ini memang keras. Suara yang dihasilkan kualitasnya tak sebagus tseperti Hi-Fi, tapi juga tak bisa dibilang buruk. Jadi secara umum taka da yang mengesankan dan hanya seperti kualitas gadget kebanyakan yang dapat berfungsi untuk ringtone, alarm, dan berbagai video.

Daya Tahan Baterai

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, 3.060 mAh, seperti yang telah diduga jika Meizu mMX6 memiliki daya tahan baterai yang baik untuk menyokong layar HD dan prosesor tiga-clusternya MediaTex Helio X20. Namun begitu, perangkat ini masih mencoba menawarkan lebih dengan kemampuannya yang dapat bertahan hingga 10 jam saat baterai test. Bahkan lebih dari itu, kemampuan pengisian daya cepatnya juga baik. Dengan aktifitas gaming yang dapat menguras baterai hingga habis, pengisian daya dapat dilakukan selama kurang lebih 86 menit, dari indikator 0% hingga penuh 100%.

Harga Meizu MX6 dan Kesimpulan

Meizu MX6 ini dibandrol dengan harga $300, jika dirupiahkan sekitar Rp. 3.900.00,00 atau sekitar 4 jutaan jika sampai di Indonesia. Dengan harga yang cukup kompetitif untuk gadget kelas atas, smartphone ini bisa menjadi pilihan terbaik dengan rentang harga tersebut.

Secara keseluruhan, Meizu MX6 mampu menampilkan performa bagus, memiliki kamera yang mumpuni, dan baterai yang memiliki daya tahan cukup tangguh. Jika kamu merupakan maniak gadget terbaru, dan tak keberatan untuk melakukan berbagai penyesuaian agar gadget dapat bekerja sesuai dengan keinginan, dan tak keberatan untuk mendatangkannya dari luar negeri, Meizu MX6 merupakan pilihan yang layak untuk dijadikan pertimbangan gadget terbaru kamu selanjutnya.

    KELEBIHAN
  • Desain terlihat kokoh, menawan, dan ergonomis
  • Performa yang cukup baik
  • Battery cukup awet
  • Kamera mumpuni
  • Suara speaker yang cukup keras dan merata
    KEKURANGAN
  • Butuh beberapa penyesuaian agar layanan Google Play dapat bekerja dengan lancar
  • Warna hasil jepretan kurang memuaskan untuk pencahayaan redup
  • Perekam video susah untuk fokus

No comments:

Post a Comment