Review dan Harga Huawei Fit: Fitness Tracker Dengan Style Jam Tangan

Sekilas Tentang Huawei Fit

Setelah tahun lalu Huawei menjajal keberuntungannya dengan terjun ke ranah perangkat yang dapat dikenakan dengan meluncurkan perangkat wearable jam tangan pintar atau smartwatch berbasis android Huawei Watch. Di tahun 2016 ini, Huawei kelihatannya belum cukup siap dengan smartwatch generasi keduanya, namun yang lebih menarik adalah perluasan lini gadget pakai menjadi sebuah produk baru, dan saat ini Huawei telah memperkenalkan produk terbarunya berupa fitness tracker yang diberi nama Huawei Fit.

Untuk saat ini, para konsumen memiliki berbagai pilihan bagaimana mereka melakukan tracking berbagi aktifitas, mulai dari hardware serta software yang ada dalam smartphone mereka sendiri, berbagai macam gadget wearable, dengan berbagai pilihan mulai dari yang gelang tangan sederhana hingga jam tangan pintar yang memiliki fungsionalitas lengkap dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Lalu, apa Huawei Fit ini memberikan hal yang seimbang antara kelengkapan fitur yang dimiliki, kenyamanan dan desain yang menarik, serta harga yang lumayan terjangkau agar dapat menarik lebih banyak konsumen? Silahkan simak apa yang Huawei Fit ini tawarkan untuk penggunanya.

    Dalam box:
  • 1 Perangkat Huawei Fit
  • Kabel Micro-USB
  • Magnetic charging dock
  • Buku Panduan dan buku jaminan dan keamanan

Desain, Bobot, dan Kenyamanan Huawei Fit

Degan body metal yang tipis dan berbentuk bulat, Huawei Fit jelas tidak terlihat seperti fitness tracker kebanyakan, apapun itu desainnya secara umum lebih terlihat seperti smartwatch yang kaya dengan fitur. Jika beberapa diantara para pengguna smartwach mencari tampilan yang didesain fungsional, desain yang dimiliki Fit tidak terlalu kaku untuk digunakan sebagai wearable gadget. Kamu tentunya akan merasa nyaman mengenakan gadget ini seharian, entah itu untuk teman berolahraga ataupun pergi ke kantor.

Salah satu desain yang paling mencolok dari Huawei Fit adalah ketiadaan tombol fisik yang disematkan pada wearable gadget ini, semisal tak ada tombol mode ataupun tombol power. Meski memiliki tombol reset untuk gadget ini, namun tombol tersebut terpasang jadi satu di charging dock, tidak menjadi satu dengan gadget ini sendiri. Hasilnya, Fit hanya mengandalkan interaksi pada layar sentuhnya saja, semisal sapuan ke atas untuk masuk options, tap untuk konfirmasi, dan sapuan ke kanan untuk kembali pada tampilan utama.

Fitur waterproof pada gadget ini juga memungkinkan Huawei Fit dapat digunakan untuk berbagai aktifitas, seperti tidur, mandi, dan lain sebagainya, kecuali bila kamu belum terbiasa untuk memakainya saat tidur maka akan lebih baik dicopot.

Tampillan Display

Display yang dimiliki Huawei Fit dibuat berdasar panel LCD hitam puitih, tak seperti jenis smartwatch monochrome Pebble kebanyakan. Layar LCD tersebut menjadi satu dengan video memeory yang membuatnya tetap dapat menampilakan gambar dengan konstan tanpa mengahruskan prosesor bekerja terus menerus, sehingga lebih hemat daya.

Layar display 1,04 inch tersebut dibekali dengan resolusi 208x208px, mungkin kelihatannya lebih rendah dibanding dengan beberapa smartwatch lain namun semuanya dapat ditampilkan dengan bagus tanpa terlihat pecah-pecah.

Pengaturan Awal dan Kompailitas

Langkah pertama untuk memulai pengaturan Huawei Fit adalah dengan memasang Huawei Wear di smartphone kamu. Lakukan pairing dengan Fit secara langsung melalui aplikasinya tanpa harus berkutat dengan aplikasi blutooth pairing lainnya, dan sesaat setelah kamu menjawab berbagai pertanyaan dasar tentang tinggi, berat badan, maka kamu siap untuk lanjut.

Karena tampilan tatap muka dari Fit ini sendiri terbatas, aplikasi Huawei Wear akan menjadi media untuk mengakses riwayat dari data fitness, melihat indikator baterai, ataupun untuk melakukan rencana kegiatan kebugaran. Aplikasi untuk Huawei Wear akan dapat berjalan dengan baik menggunakan smartphone android KitKat atau yang lebih baru. Ada juga edisi khusus untuk iOS, yang mendukung iOS 8.0 keatas.

Tampilan Tatap Muka

Tanpa adanya tombol fisik yang disematkan, cara satu-satunya yang dapat kamu lakukan untuk melakukan interaksi dengan gadget ini melalui layar sentuhnya. Kamu bisa menyapu ke atas dank e bawah untuk masuk ke menu options, tap untuk memilih, dan sapuan ke kanan untuk kembali ke awal.

Ketika sedang aktif terhubung dengan smartphone, Huawei Fit akan memberitau panggilan masuk. Meski demikian gadget ini tidak dapat menjawab panggilan masuk karena tidak memiliki microphone, jadi hanya cukup untuk menolak panggilan masuk yang tidak diinginkan tanpa harus merogoh ponsel di dalam saku.selain itu, kamu juga bisa memilih aplikasi apa saja yang dapat memberi notifikasi pada Fit, sebanyak mungkin yang diinginkan.

Fungsi Kebugaran

Huawei memberikan penggunanya beberapa cara dalam mengukur aktifitas yang dilakukan dan menentukan target dengan Fit. Salah satu fungsi dasarnya adalah sebagai alat penghitung langkah. Secara otomatis gadget ini akan merekomendasikan 10.000 langkah per hari, meski dapat diatur oleh penggunanya sendiri nantinya.

Pemantau detak jantung juga dapat memberikan gambaran secara umum tentang tingkat kebugaran kamu, dan secara default, Fit akan secara otomatis mengambil pengukuran secara bertahap dan meberimu gambaran lengkap nantinya. Kamu juga dapat mengatur pesan peringatan jika kamu terlalu takut untuk kelelahan saat latihan yang berlebih, memberi peringatan saat detak jantung mencapai tingkat yang berisisko.

Mode latihan utama akan membuatmu dapat memilih berbagai macam aktifitas kebugaran, semisal berjalan, berlari, bersepeda, berenang, ataupun berlari di atas treadmill. Untuk memulainya cukup mudah hanya dengan dengan melakukan sapuan pada layar dan tap untuk memilihnya, setelah hitungan mudur berjalan pada Fit, kamu bisa memulainya. Saat latihan, gadget ini akan menunjukkan beberapa statistik dasar semisal penghitung waktu, kalori yang terbakar, ataupun jarak yang telah ditempuh.

Daya Tahan Baterai

Huawei Fit merupakan smartwatch standart dengan ukurang mungil dan baterai yang mungil pula hanya 80 mAh. Namun tanpa proses meload yang berat, terutama karena memory layar LCD yang begitu rendah daya membuat baterai yang dimilikinya mampu bertahan hingga 6 hari penggunaan. Dan untuk proses pengisian ulang daya Fit, dibantu dengan dock magnetis yang akan mempermudahnya. Pihak Huawei sendiri menyatakan jika waktu pengisian daya tidak lebih dari dua jam.

Jika ada sesuatu yang kurang dari performa baterai dari Huawei Fit, itu dari indikator baterai yang tidak menunjukkan estimasi secara jelas pada layar smartwatch tersebut saat pengisian ulang. Indikator yang ada hanya ikon baterai sliding bar, tapi tak menampilkan estimasi pengisian secara jelas. Satu-satunya cara untuk mengetahui detail secara jelas tentang daya baterai yakni melalui aplikasi Huawei Wear pada smartphone, yang sangat membantu dalam mengetahui berapa persen baterai yang tersisa.

Secara Keseluruhan dan Harga Huawei Fit

Huawei menjual perangkat Fit-nya hanya sekitar $130 atau 1,7 jutaan, dengan dua pilihan gelang yang berbeda, 20mm dan 18 mm. Selain dua pilihan tersebut, kamu dapat mengganti gelang band bawaan sebagai alternatifnya. Gadget Fit ini juga hadir dalam dua warna yakni anodized black dan silver finish aluminum.

Untuk pengguna yang ingin mencoba fitness tracker dan tidak terlalu mementingkan fitur tambahan yang lengkap, memiliki daya tahan baterai yang bagus, dan tampilan layar yang dapat terlihat dengan baik diberbagai kondisi, Huawei Fit merupakan salah satu pilihan yang tepat. Namun disisi lain, gadget ini diharapkan juga memiliki peningkatan pada tatap muka yang lebih baik, software yang dapat menampilkan sesuatu lebih detail dari ini, menawarkan konfigurasi pilihan tambahan, dan juga mendukung fitur yang lebih banyak tanpa harus menyambungkan dengan aplikasi pelengkap semisal aplikasi Huawei Wear.

Akan lebih baik jika harganya gadget ini sedikit lebih rendah lagi, yang dapat membuatnya tampil beda dengan berbagai gadget yang memiliki harga sepadan yang terkadang memiliki fitur lebih.

Memang ada banyak hal yang akan membuat kamu bisa tertarik dengan gadget ini, terutama jika kamu menginginkan sebuah fitness tracker yang tak terlihat seperti layaknya fitness tracker kebanyakan, maka Huawei Fit akan jadi salah satu yang kamu mau.

    KELEBIHAN
  • Baterai tahan lama
  • Layar jelas di luar ruangan
  • Lumayan nyaman
  • Desain menarik mirip gelang jam
  • Tahan air (waterproof)
    KEKURANGAN
  • Kontrol dan tatap muka yang disediakan bisa sedikit susah dan kurang detail
  • Interaksi yang terbatas jika tanpa aplikasi pelengkap Huawei Wear
  • Aplikasi pelengkap Huawei Wear kurang begitu akurat
  • Beberapa fitness tracker menawarkan fungsionalitas untuk harga yang sama (atau mendekati)

No comments:

Post a Comment