5 Launcher Terbaik Untuk Android Yang Ringan Dengan Tampilan Menawan

Memang Android saat ini bisa dibilang menjadi raja di OS gadget genggam dengan kayanya fitur yang ditawarkan dan aplikasi yang tak kalah seru. Salah satu fitur yang menjadikan Android begitu handal yakni kemampuannya yang begitu fleksibel dan mudah untuk dikustomisasi sesuai dengan keinginan penggunanya. Aspek dasar semacam inilah yang membuat OS Android ini kaya dengan perbedaan yang tak akan menjemukkan terutama pada bagian tampilannya.

Berbagai vendor juga membuat tampilan khas mereka masing-masing dengan User Interface-nya sendiri, semisal HTC dengan Sense-nya atau Samsung dengan Touchwiz-nya yang saat ini kemungkinan menjadi custom UI yang paling populer di Android. Namun, apa selera setiap orang sama? Tentunya tidak bukan, tak semua orang menyukai tampilan atau fitur dari UI besutan para vendor besar tersebut.

Untungnya, para pengguna Android sangat dimudahkan dalam memodifikasi tampilan antarmuka atau interface berbagai gadget genggamnya dan membuatnya cocok sesuai dengan keinginan si pengguna. Salah satu hal yang dapat dilakukan yakni dengan menginstal atau memasang custom launcher yang banyak disediakan oleh pihak ketiga. Custom launcher tidak hanya akan memberimu berbagai tampilan mengesankan yang tak menjemukan, namun juga dengan berbagai pilihan menarik akan fitur kustomisasi yang jarang ditemukan pada UI bawaan vendor.

5 Pilihan Launcher Terbaik Yang Patut Kamu Coba

  1. Nova Launcher
  2. Launcher terbaik Android dari pihak ketiga pertama adalah Nova launcher yang semenjak perilisannya ke public beberapa tahun lalu, launcher ini sudah mendapatkan tempat di hati para pengguna gadget genggam Android. Hingga akhir penghujung 2016 ini nampaknya Nova masih menjadi pusat perhatian sebagai salah satu launcher android terbaik, atau malah lebih bisa naik lagi pamornya.

    Tak seperti aplikasi launcher yang kebanyakan yang secara kualitas menurun dari waktu ke waktu, Nova kian menjadi begitu tangguh, membuat berbagai fitur tambahan baru dan memberikan polesan pada poin-poin tertentu dimana akan menyajikan sebuah tampilan yang sempurna.

    Kalau ditanya apakah nilai jual yang dimiliki oleh aplikasi launcher Nova? Jawabannya begitu sederhana, yakni kemampuannya untuk dapat dikustomisasi, ringan, dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Launcher ini secara default akan menampilkan tampilan AOSP klasik, yang dapat dengan mudah dirubah ke tampilan bagaimanapun sesuka penggunanya karena memang fitur itulah yang ditekankan.

    Yang terbaru, Nova membuat beberapa fitur baru yang juga dimiliki oleh Pixel launcher, semisal app drawer dan search bar yang dapat digeser keatas, juga search view baru yang terdiri dari beberapa tab tab baru. Aplikasi launcher terbaik Android ini juga hadir dengan versi Prime dimana fitur yang diseiakan juga lebih kaya.

  3. Apex Launcher
  4. Jika Nova launcher merupakan alternatif yang cocok untuk pengganti berbagai UI bawaan vendor, maka Apex launcher merupakan salah satu launcher terbaik yang dapat dijadikan alternatif pilihan selain Nova. Jika dilihat, sekilas Apex hampir mirip dengan Nova dari sisi kemampuan kustomisasi, fitur, dan berbagai pengalaman pengguna yang diberikan. Memang, apapun yang dapat kamu lakukan di Nova juga bisa kamu lakukan di Apex.

    Apex merupakan salah satu dari sekian banyak launcher yang tidak terlihat bagus dari luarnya dan membutuhkan berbagai pengaturan lebih serta penyesuaian sana sini agar tampilannya memuaskan. Beberapa orang mungkin berfikir ini adalah kekurangan dari segi kedetailan dalam pengaturannya, namun beberapa lagi akan menganggap ini merupakan fitur lebih dari aplikasi ini.

    Selain itu, salah satu perbedaan yang paling mencolok antara Apex dan launcher lainnya adalah tip scale yang dimiliki Apex mendapatkan update lebih sering. Dengan kata lain, Apex tidak memerlukan kamu untuk membeli versi Pro untuk menggunakan beberapa fitur dasarnya, semisal penyesuaian besar kecilnya ikon.

  5. ZenUI Launcher
  6. Sebagai salah satu launcher terbaik Android, ZenUI hampir memiliki semua fitur unggulan yang dimiliki launcher lain, mulai dari layout yang berbeda-beda, tersedianya custom icon pack, pergerakan transisi yang dapat diatur, tema yang bermacam-macam, mneyesuaikan ukuran text atau ikon, nampaknya launcher yang satu ini memiliki semuanya.

    Kamu kurang suka dengan adanya app drawer? Tidak masalah, ZenUI dapat membuat semua aplikasi yang ada di gadget Androidmu bertebaran disepanjang beberapa screen layarmu. Menyukai berbagai cusyom icon pack yang berbeda-beda? Tenang saja, tinggal download custom icon pack-nya dan pasang di ZenUI dalam sekejap saja. Atau kamu bosan dengan tampilan homescreen mu yang itu-itu saja? Mudah saja, tinggal download tema full untuk ZenUI dan atur sesukamu.

    Meski performanya tak selincah dan seringan jika dibanding launcher lain mengingat banyaknya pilihan dan pack yang ada di dalamnya, ZenUI tetap menjadi pilihan terbaik jika kamu mencari launcher gratis dengan kemampuan yang dapat dikostumisasi dan bisa menjadi alternatif UI bawaan ataupun custom launcher Android lainnya.

  7. Google Now launcher
  8. Jika kamu tak terlalu memusingkan dengan kustomisasi karena dianggap hanya buang-buang waktu saja, maka pilihanmu cocok untuk launcher yang sederhana yang dengan mudah bekerja dengan baik dan tampil menarik tanpa banyak utak-atik seperti Google Now launcher.

    Sentuhan yang kental akan pengalaman vanilla Android, Google Now seakan tak ingin membenanimu dengan pilihan yang tidak karuan untuk pengaturan tampilannya. Di sisi lain, tampilan yang ditawarkan serasa berada di UI bawaan, dengan menyediakan pengalaman menyenangkan kepada pengguna reguler yang menyukai akan keindahan tampilannya yang bersih dan menggunakan Google Now berarti butuh akan kesederhanaan tampilan.

    Hingga Pixel Launcher yang terbaru dirilis secara resmi untuk seluruh lini gadget genggam Android, Google Now masih bisa menjadi pilihan tepat akan launcher terbaik Android yang bisa kamu dapatkan untuk tampil lebih simple dan elegan.

  9. Arrow Launcher
  10. Terlepas dari semua launcher di atas, Microsoft juga kini tengah mengusahakan portofolio aplikasi Android yang indah dengan Arrow Launcher-nya yang tengah menjadi aplikasi paling populer dan memiliki rating tinggi di Play Store. Lalu apa yang menjadikan launcher besutan Microsoft ini berbeda dengan launcher-launcher lain di luaran sana?

    Daya tarikk utama dan nilai jualnya tak lagi diragukan berasal dari pengaturan screen yang tersekat-sekat, dengan ukuran lebih lebar dibanding launcher kebanyakan. Secara default, home screen-mu akan berada pada sebelah kanan tampilan utama, tapi dengan menggesernya ke kanan atau kiri akan membawamu berada pada custom screen yang akan menunjukkan kontak favoritmu, to-do list, screen preview yang kaya akan notifikasi, dan terakhir dokumen OneDrive-mu. Dock yang berada pada bagian layar paling bawah akan memunculkan menu pengaturan lengkap, memudahkanmu mengakses fungsi utama gadgetmu, mengingatkan akan Control Center milik iOS.

    Cukup fitur untuk melakukan modifikasi, Microsoft memberi fitur agar dapat mengganti icon pack, mengaktifkan double-tap untuk mengunci, menyembunyikan aplikasi tertentu, san berbagai tweaking yang menarik. Keindahan dari wallpaper bawaan juga merupakan sentuhan indah lainnya yang dimiliki launcher ini. Benar-benar layak untuk didownload dan dipasang di gadget Androidmu.

No comments:

Post a Comment